Minum Banyak Air Mengurangi Berat Badan

Pemikiran bahwa berat badan dapat berkurang hanya dengan minum air mungkin terdengar seperti tipuan, tetapi pemikiran itu mengandung sebagian kebenaran.

Saat kita minum air, saraf-saraf simpatik mulai terstimulasi, mengaktifkan metabolisme energi serta meningkatkan pembakaran kalori, dan hasilnya adalah berkurangnya berat badan. Saat saraf simpatik terstimulasi, adrenalin disekresikan. Adrenalin mengaktifkan lipase dalam jaringan lemak yang sensitif terhadap hormon, yang kemudian menguraikan trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol sehingga tubuh menjadi lebih mudah membakar lemak yang tersimpan.

Seberapa banyak kalori yang dibakar? Berbagai riset menunjukkan, dengan minum sedikit lebih banyak daripada 2 gelas secara teratur 3 kali sehari meningkatkan pembakaran kalori sebesar kira-kira 30%. Terlebih lagi, 30 menit setelah minum air, tingkat pembakaran kalori mencapai puncaknya. Idealnya, kita membutuhkan 6-7 gelas air setiap hari.

Lantas, jenis air apakah yang paling efektif untuk tujuan ini? Air yang suhunya lebih rendah daripada suhu tubuh, tapi tidak sedingin es. Menurut hasil riset, air bersuhu sekitar 21 derajat Celcius akan meningkatkan pembakaran kalori. Kalori tersebut diubah menjadi sejumlah besar energi yang digunakan untuk menghangatkan air tersebut agar menyamai suhu tubuh.
Nggak pernah ‘mati gaya’ ya si air ini…^^

From The Miracle of Enzyme : Self-Healing Program.

0 comments:

Post a Comment