Luangkan Waktu Untuk Jantung Anda

Untuk kesehatan optimal, idealnya Anda melakukan aktivitas fisik (olahraga) untuk membakar antara 3.500 sampai 6.500 kalori dalam satu minggu (atau 500 hingga 950 kalori per hari). Sebagian besar pembakaran kalori berasal dari aktivitas sehari-hari, bahkan tanpa Anda berusaha untuk melakukannya. Namun, data ilmiah menunjukkan bahwa selain kalori yang dibakar dari aktivitas fisik yang biasa, Anda juga memerlukan sekitar 60 menit seminggu untuk latihan stamina–yaitu aktivitas kardiovaskular yang dapat meningkatkan frekuensi denyut jantung Anda sekitar 80 persen atau lebih dari angka maksimum normal sesuai usia Anda (rumusnya, 220 dikurangi umur Anda).

Pada akhirnya, latihan stamina yang penting untuk mendapatkan kesehatan maksimum bisa diwujudkan dalam 3 x 20 menit latihan per minggu. Hanya dengan melakukan latihan stamina selama 20 menit sudah cukup untuk membuat perbedaan –pada jantung, pembuluh darah, tulang, persendian, postur tubuh, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, latihan stamina ini adalah aktivitas yang dilakukan terus menerus selama 20 menit yang bisa membuat Anda sedikit terengah-engh atau cukup membuat Anda berkeringat saat itu.

Ada beberapa alasan mengapa latihan begitu penting :

Menurunkan tekanan darah. Bahkan dengan berjalan kaki beberapa menit lebih lama bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Menggerakkan otot pada kekuatan maksimumnya pun akan menguatkan otot jantung dan pembuluh darah, dan membuatnya menjadi lebih elastis. Jika Anda belum berolahraga dalam beberapa waktu, mulailah dengan berjalan kaki hingga Anda dapat melakukan angkat beban, kemudian tambahkan beberapa aktivitas lain –bersepeda, berenang, fitness –untuk menaikkan frekuensi denyut jantung Anda.

Menjaga berat badan normal. Kelebihan berat badan selalu membawa risiko penting. Pertama, Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kadar LDL tinggi, gangguan tidur, dan penyakit radang sendi (artritis) yang akan melemahkan semangat Anda untuk berolahraga. Kedua, jika kelebihan berat badan terletak di pinggang Anda, Anda akan menghadapi risiko yang lebih besar lagi karena sel-sel lemak pada lemak perut akan mengeluarkan hormon yang secara langsung meningkatkan peradangan pembuluh darah, dimana peradangan pembuluh darah bisa menyebabkan sumbatan yang berakibat ke penyakit jantung dan stroke.

Banyak orang yang tidak melakukan latihan dengan dalih sedikitnya waktu. Setiap orang memang memiliki tanggung jawabnya masing-masing; kuliah, pekerjaan, hobi, mengurus keluarga, atau berorganisasi (kecuali jika organisasi yang Anda ikuti adalah klub olahraga). Namun kita harus egois untuk meluangkan waktu bagi diri kita sendiri untuk berlatih. Jika waktu Anda sempit, Anda bisa menyetel alarm 30 menit lebih awal (ayolah, hanya 30 menit dan Anda akan menjadi lebih sehat untuk melakukan aktivitas sehari-harinya…^^). Semakin awal Anda melakukannya, semakin sedikit gangguan yang harus diatasi.

0 comments:

Post a Comment