Kalau Heartburn, Segera Minum Antasida

Heartburn adalah rasa panas, tidak nyaman dan nyeri di ulu hati atau lambung yang sering disalahartikan sebagai “terlalu banyak asam lambung”. Sebenarnya tidak ada yang namanya asam lambung yang terlalu banyak. Yang terjadi adalah, asam lambung mengalir naik kembali ke kerongkongan. Kerongkongan rentan terhadap asam karena biasanya lingkungan itu bersifat basa. Oleh karena itu, jika asam lambung terkumpul di dalam kerongkongan, secara tidak sadar orang-orang menelan air liur mereka yang bersifat basa, untuk menurunkan asam lambung yang mengalir naik.

Namun, jika Anda makan terlalu banyak atau mengalami kesulitan mencerna, sehingga menyebabkan asam membengkak dan menjadi sulit untuk mendorong asam itu turun dengan air liur, hal ini menimbulkan luka-luka seperti lecet yang disebut erosi pada kerongkongan. Dalam keadaan seperti itu, jika asam lambung mengalir naik ke dalam kerongkongan, yang terjadi bagaikan menuang alkohol ke atas luka, dan menyebabkan gejala-gejala rasa sakit atau ketidaknyamanan yang secara umum dikenal sebagai heartburn. Biasanya Anda akan minum antasida untuk meredakannya, dan rasa lega yang Anda rasakan setelah minum antasida disebabkan oleh dihambatnya sekresi asam lambung.

Jika sekresi asam lambung dihambat, enzim-enzim pencernaan tidak dapat diaktivasi sehingga makanan sulit dicerna di lambung. Makanan yang belum tercerna ini melaju terus ke usus. Makanan yang seharusnya sebagian besar dicerna dan diserap dalam usus tetap tidak tercerna hingga di dalam usus besar. Makanan yang tidak tercerna itu membusuk dan fermentasi abnormal terjadi. Sebagai akibatnya, sejumlah bakteri jahat berkembang biak secara abnormal di dalam usus besar, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Lebih parah lagi, menelan obat-obatan untuk menekan sekresi asam lambung justru mempercepat rusaknya sekresi asam lambung. Antasida dan obat-obatan lambung yang sangat populer seperti kombinasi blokade H2 dan penghambat pompa-proton, dipromosikan sangat efektif untuk menekan sekresi asam lambung. Namun jika asam lambung dihambat dengan menggunakan obat-obatan, mukosa lambung menyusut, penyusutan mukosa lambung yang terus menerus dapat berlanjut ke berkembangnya kanker lambung. Bahkan ada beberapa efek samping yang tak terduga, contohnya jika seorang pria sering minum antasida ada kemungkinan ia akan mengalami gangguan ereksi atau penurunan tajam jumlah sperma.

Untuk mencegah heartburn, yang harus Anda lakukan hanyalah mencegah agar apa yang ada di dalam lambung tidak mengalir kembali ke dalam kerongkongan. Pertama, Anda harus menahan diri untuk tidak terlalu banyak makan dan minum, serta mengurangi rokok, alkohol, dan kopi. Satu hal penting untuk diingat adalah menyelesaikan makan malam empat atau lima jam sebelum tidur sehingga lambung Anda kosong saat pergi tidur.

0 comments:

Post a Comment