7 Fungsi Kognitif yang Paling Rentan Terhadap Penuaan

Perubahan yang terkait dengan penuaan kemungkinan mempengaruhi ingatan seseorang dan kinerja lainnya dalam beberapa cara. Fungsi-fungsi kognitif yang paling rentan terhadap kesulitan-kesulitan terkait dengan penuaan adalah :

Ingatan kerja
Kemampuan untuk mempertahankan dan memanipulasi informasi dalam otak berkurang. Mengingat nomor telepon dan kemudian menekan tombol pada telepon atau membandingkan harga per ons antara dua item adalah contohnya.

Kecepatan pemrosesan
Pemrosesan menjadi semakin lambat, seperti misalnya mengenali wajah seorang teman tapi sulit menyebutkan namanya, atau menurunnya kemampuan untuk mengikuti percakapan atau komunikasi lain yang perlu diproses saat itu juga. Bahkan ada satu teori yang menyebutkan bahwa melambatnya kecepatan pemrosesan secara umum merupakan dasar dari segala perubahan ingatan dan fungsi kognitif, yang pada akhirnya berakibat pada ingatan yang lebih lemah.

Perhatian pada detail
Ketika seseorang mempelajari suatu informasi baru, ia mungkin melihat garis besar atau gambaran umum yang sama baiknya dengan orang lain yang jauh lebih muda, akan tetapi orang yang jauh lebih muda ini akan menyerap detail lebih banyak. Contohnya, setelah memperhatikan sebuah lukisan selama satu menit, seseorang yang berusia 25 tahun dan yang berusia 55 tahun mungkin dapat mengingat bahwa lukisan tersebut menggambarkan suatu pemandangan alam dengan banyak warna hijau dan merah muda, tetapi yang berusia 25 tahun kemungkinan akan mengingat lebih banyak elemen yang spesifik, misalnya kelinci di balik semak atau perahu kecil di pinggir danau.

Ingatan deklaratif
Semakin menua, seseorang mungkin merasa kesulitan untuk mengingat fakta-fakta verbal (misalnya nama-nama orang, tempat, dan objek) dan informasi spasial (misalnya arah menuju lokasi baru). Seseorang mungkin juga merasa lebih sulit mengeluarkan kembali informasi deklaratif yang baru saja diterima (misalnya suatu kata atau nama tertentu).

Ingatan sumber
Akan menjadi semakin sulit untuk mengingat kapan dan dimana suatu kejadian spesifik terjadi (suatu jenis ingatan yang disebut sebagai ingatan sumber). Seseorang mungkin dapat mengingat bahwa ia memarkir mobilnya, namun ia tidak dapat mengingat secara tepat dimana letaknya. Atau ia ingat makan malam di restoran favoritnya, tapi ia mungkin tidak dapat mengingat jika ia pergi ke sana dua atau tiga bulan yang lalu.

Multitugas
Akan menjadi semakin sulit untuk melakukan multitugas (melakukan lebih dari satu aktivitas secara bersamaan).

Pemrosesan visuospasial
Tugas-tugas visual dan konstruktif yang rumit, misalnya menyusun puzzle tiga dimensi dan menggambar desain geometris yang rumit, akan menjadi tantangan yang semakin berat.

0 comments:

Post a Comment