7 Fungsi Kognitif yang Paling Tahan Terhadap Penuaan

Perubahan yang terjadi pada otak saat seseorang menua mungkin terasa mengganggu, namun ternyata ada banyak wilayah pikiran yang tidak terpengaruh oleh usia. Fungsi yang kebal terhadap penuaan ini dapat membantu seseorang mengatasi beberapa masalah terkait dengan penuaan yang berhubungan dengan pembelajaran dan ingatan:

Perhatian
Kemampuan untuk fokus dan mempertahankan perhatian relatif tidak dipengaruhi oleh proses penuaan.

Bahasa
Kita mempertahankan pengetahuan tentang kata dan makna kata yang melimpah saat kita bertambah tua, dan kita mempertahankan aturan utama mengenai bagaimana mengkombinasikan kata-kata hingga membentuk struktur bahasa yang bermakna.

Ingatan prosedural
Keterampilan dan prosedur melakukan hal-hal (misalnya mengendarai sepeda atau bermain piano) tetap utuh selama hidup. Kemampuan untuk membentuk ingatan prosedural baru juga relatif terjaga.

Penalaran
Penuaan tidak mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memahami apa yang ia ketahui, untuk membentuk penilaian yang logis, dan menyusun argumen yang kokoh.

Kemauan
Dorongan untuk menyelesaikan sesuatu tidak menyusut dengan adanya perubahan pada otak yang jelas-jelas terkait dengan penuaan. Memang, kini kita tahu bahwa pada banyak kasus, jika kita memiliki keinginan untuk lebih berusaha dalam berkonsentrasi dan mempelajari sesuatu yang baru dengan baik, kita akan mendapatkan imbalannya –kita akan dengan mudah mampu mengeluarkannya kembali, tidak peduli berapapun usia kita.

Kreativitas
Seseorang tetap memiliki dorongan untuk mengekspresikan diri melalui seni, komunikasi, atau dengan mencoba sesuatu hal yang baru.

Kebijaksanaan
Semakin bertambahnya usia, lobus prefrontalis (bagian otak yang bertanggung jawab atas penilaian, pertimbangan dan tingkah laku) seseorang makin berkembang sehingga ada alasan mengapa kita sering mengasosiasikan kebijaksanaan dengan usia yang makin menua : kapasitas untuk menarik makna dari informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman serta kapasitas untuk menawarkan ide-ide tetap tidak terkikis dan bahkan malah meningkat seiring berjalannya waktu.

0 comments:

Post a Comment